Sunday, August 12, 2012

Sidang Isbat Kemenag RI Tanggal 18 Agustus

| Sunday, August 12, 2012 | 0 comments
Bismillahirrohmaanirrohiim. Bismillaahilladzii Laa Yadzurruu Ma'asmihii Syai'un Fil ardzii Walaa Fissamaa'i Wahuwassamii'ul 'aliim. Tulisan ini membahas tentang Sidang Isbat Kemenag RI Tanggal 18 Agustus, silahkan dibaca dengan seksama semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi kita.

Sidang Isbat Kemenag RI Tanggal 18 Agustus- Sudah menjadi hal biasa setiap kali akan memasuki bulan puasa maupun mengakhirinya dengan menggelar sidang Isbat untuk menyatukan pendapat dan memutuskan awal atau akhir bulan puasa yang diadakan oleh Kemenag. Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal 1433 H pada 18 Agustus 2012.
Sebelumnya muncul kabar jika Kemenag tidak lagi menggelar sidang isbat secara terbuka. Kabar ini muncul karena pada isbat penetapan 1 Ramadhan 1433 H lalu masyarakat disuguhi banyaknya perdebatan pada saat penetapan awal puasa. Saking lamanya, penetapan awal puasa muncul lebih dari satu jam setelah azan Isya.
Perjalanan sidang isbat yang diwarnai banyak perdebatan ini disebut tidak baik jika menjadi tontonan masyarakat. Sebab bisa menimbulkan kesan jika umat Islam di Indonesia tidak kompak. Hanya untuk urusan penetapan 1 Ramadan saja debatnya cukup panjang.
Keputusan Kemenag tetap menjalankan sidang isbat secara terbuka dikuatkan dengan pernyataan Menag Suryadharma Ali (SDA) bahwa jika digelar tertutup, pemerintah khawatir disebut merekayasa hasil isbat.
Meskipun belum ada ketetapan resmi, kemungkinan besar tidak ada perbedaan penetapan 1 Syawal diantara ormas-ormas besar dengan pemerintah. 1 Syawal 1433 H diprediksi bakal jatuh pada 19 Agustus 2012.
Kemenag akan menyebar undangan isbat penetapan 1 Syawal kepada seluruh ormas Islam yang ada di Indonesia, termasuk Muhammadiyah yang sebelumnya menyatakan tak akan mengikuti sidang isbat lagi.
Jika anda merasa tulisan tentang Sidang Isbat Kemenag RI Tanggal 18 Agustus baik dan menguntungkan bagi anda maupun orang lain silahkan diCOPAS, kami akan bangga. Karena satu COPAS mudah-mudahan dicatat sebagai AMAL kebaikan. Dan satu klik DONASI, kami rasa tidak menjadi beban bagi anda, guna membangun blog ini agar lebih baik lagi, kami tahu anda ahli SODAQOH.
Silahkan share Sidang Isbat Kemenag RI Tanggal 18 Agustus melalui tautan di bawah ini.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
© Copyright 2012|3. News, Aneh, Aktual & Terkini . All rights reserved | News, Aneh, Aktual & Terkini is proudly powered by Blogger.com